5 Buronan paling diburu sedunia, hadiahnya bisa bikin kaya raya


 Selasa, 8 September 2015 07:25
5 Buronan paling diburu sedunia, hadiahnya bisa bikin kaya raya
Dawood Ibrahim, salah satu buronan paling dicari sedunia. ©2015 Merdeka.com/istimewa
Merdeka.com - Setelah tewasnya Usamah bin Ladin di tangan Navy SEAL, siapakah sosok paling diburu di muka bumi? Usamah, pemimpin jaringan teror Al Qaidah, adalah sosok yang paling menakutkan bagi Amerika Serikat dan Eropa satu dasawarsa lalu.
Dia mengaku bertanggung jawab atas serangan pesawat ke Gedung WTC pada 11 September 2001. Konon, walau validitas info ini tak pernah terbukti, kepala Bin Ladin sempat dihargai USD 25 juta hidup atau mati.
Sesudah Bin Ladin tewas, rupanya masih banyak manusia berbahaya yang belum ditangkap aparat hukum. Nilai kepala mereka, bila merujuk daftar Biro Investigasi Federal (FBI) ataupun Interpol, lebih tinggi dari nama-nama teroris beken sekalipun.
Mereka dianggap berbahaya karena masih berkeliaran bebas, memiliki pengaruh politik luas, serta memimpin jaringan kriminal atau pasukan bersenjata yang sewaktu-waktu bisa menimbulkan pelanggaran hak asasi berat.
Berikut rangkuman merdeka.com untuk lima manusia yang paling diburu di planet ini, termasuk nilai buruannya, berdasarkan daftar yang dilansir surat kabar the Guardian: